Ilmu Teknik Sipil Dapat Mengembangkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat

Cabang Ilmu Teknik Sipil yang Harus Diketahui

Teknik Sipil Berbeda Dengan Pencatatan Sipil 

Dokumentasi PKL proses pengecoran jalan beton FC 30 MPA

Nama saya Niqoyatuh Ardillah. Saya mahasiswa S1 Fakultas Teknik Prodi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Saya menulis ini untuk berbagi pengetahuan mengenai Teknik Sipil.

Banyak orang yang masih salah tanggapan mengenai Teknik Sipil, salah satunya adalah teman saya yang memilih Teknik Sipil sebagai bidang studi S1nya. Ia menganggap bahwa Teknik Sipil memiliki peluang kerja di Dinas Pencatatan Sipil. Tapi seiring berjalannya waktu Ia mulai mengerti dan memahami bahwa Teknik Sipil adalah cabang keteknikan yang mempelajari tentang merancang, membangun, merenovasi, tidak hanya gedung dan infrastruktur tapi juga mencangkup lingkungan untuk kemaslahatan hidup masyarakat.

Dalam ilmu teknik sipil ada beberapa bidang yang harus diketahui seperti Struktur Bangunan, Geoteknik, Manajemen Konstruksi, Hidrologi, Teknik Lingkungan, Transportasi, Drainase, dan lain sebagainya.

Teknik Sipil merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting dalam upaya pembangunan. Tersedianya infrastruktur yang memadai tentunya akan sangat membantu terlaksananya tujuan pembangunan.


Pada bulan November saya mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama proses PKL saya dapat memahami banyak hal di lapangan dan saya juga dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan.

Lokasi dan proyek PKL saya hari itu adalah Proyek pembangunan jalan Dusun Temurejo-Plaosan Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Proyek itu melakukan pembangunan jalan dengan lebar 3m, panjang 578m, menggunakan beton FC 30 dan alat jidar beton.

Proyek ini merupakan salah satu langkah dukungan dari pemerintah. Dengan adanya pembangunan jalan di Dusun Temurejo-Plaosan Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi ini diharapkan dapat memperlancar akses jalan yang dapat memberikan kenyamanan para masyarakat sekitar ataupun pengguna jalan lainnya. 

Dengan adanya tulisan ini saya harap kesalahpahaman mengenai Teknik Sipil dan Pencatatan Sipil semakin berkurang. Sekian, Mohon maaf dan terima kasih. 


Untuk kalian yang ingin belajar lebih mengenai soal-soal teknik sipil blog ini juga dilengkapi dengan macam macam tugas yang telah saya lalui. 



Oleh : Delaardillah 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi - Aktivitas Menyenangkan yang Dilakukan Di Waktu Senggang

Budaya Tingkeban - Ritual Adat Jawa

Kerja Bakti Warga Desa Segobang Bersama Mahasiswa Untag Banyuwangi